Toni osmon : OPTIMALISASI LAHAN KRITIS

Peta rawan longsor sebenarnya sudah ada, untungnya longsor yang terjadi dikecamatan dayeuh luhur desa Panulisan , minggu ( 15/3-015) ,  belum sampai menelan korban manusia dan hanya menghambat pergerakan lalu lintas di jalur selatan. Kawasan rawan longsor memang banyak terdapat di wilayah sisi utara kabupaten Cilacap, perbukitan memanjang dari kecamatan Dayeuhluhur, kec. Wanareja, kec. Majenang, kec cimanggu , kec karangpucung, dan berbelok ke selatan ke kec. jeruk legi dan kec. kesugihan. Karena daerahnya di kenai dengan dua musim yakni penghujan dan kemarau, maka rawan longsor dan rawan kekeringan dapat bersifatnya lahan kritis terhadap bencana.

“lahan kritis di kabupaten Cilacap mencapai 39 Ribu ha termasuk pulau Nusakambangan,” Hal itu dikatakan oleh kasie rehabilitasi dan konservasi Dinas kehutanan, Sigit widiyanto, mewakili Kadinas Ir. Sujito. Lalu dijelaskan Faktor kriteria yang mempengruhi lahan kekritisan lahan karena 50 %  vegetasi, 50 % jenis tanah, kelerengan, dan cara pengolahan lahan.

Saat ini seringkali diterapkan penanaman tanaman pada lahan dengan sistem tanaman monokultur hal ini mempengaruhi pola penyebaran penyakit tanaman yang akan mudah terjangkiti semua dan menyalahi aturan. Seperti pemantauan wakil rakyat DPRD cilacap, Toni osmond, dikatakan kira-kira sepuluh tahun kebelakang tanaman produksi ditebangi, maka saat ini lahannya jadi tandus,, klo dari jauh kelihatan kehijauan itu ketika didekati hanya berupa semak belukar.

Lahan yang bersifat kritis diperlukan optimalisasi cara penanaman tanaman dan wajib menggandeng masyarakat sekitar sebagai upaya kelangsungan perawan tanaman itu sendiri. Apabila tanaman tsb produktif masyarakat sekitar akan tahu manfaatnya.

” Upaya penanaman tanaman melalui masyarakat, swasta dan APBD,  jenis tanaman di kombinasikan tanaman serba guna tanaman buah , getah dll,”jelas Sigit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s