PDAM Cilacap dapat pinjaman lunak 8 milyar

Mendekati akhir februari  2015, Pasca dikabulkannya judicial review UU sumber Daya Air oleh MK baru baru ini menegaskan bahwa Sumber Daya Air berkaitan dengan hajat hidup orang banyak untuk dapat hidup layak, maka harus di kelola oleh negara demi kemakmuran rakyat, sebagaimana diatur dalam UUD 1945. Dengan begitu  memperjualbelikan air oleh swasta dibatasi. Sedang BUMN dan BUMD adalah mewakili negara/pemerintah, dalam hal ini seperti PDAM urusan air minum bukanlah sebagai penjual air, namun sebagai badan usaha pemerintah yang menjual Jasa pengelolaan Air layak minum.

Upaya meningkatkan kelayakan hidup terutama sumber air minum menjadi konsen pemda melalui PDAM Cilacap untuk merealisasikan peningkatkan pelayanan dengan terbatasnya APBD caranya melalui swadana atau pinjaman lunak investasi. Dasar kriteria PDAM dapat diberi pinjaman lunak, pertama sudah mengikuti restrukturisasi utang lama sudah lunas. Kedua Kinerja telah di audit oleh dua lembaga audit yakni BPKP dan kantor akuntan Publik (KAP), di nyatakan baik dan sehat.

Plt Direktur utama PDAM, Djumadi SE mengatakan, pinjaman lunak dijamin pemerintah dengan bunga rate standar Bank Indonesia dengan dasar Kepres nomor 29 tahun 2009, total dana pinjaman lebih dari Rp. 8 Milyard. dijelaskan pinjaman digunakan untuk investasi, penggantian water meter dan khusus di instalasi Pengolahan Air (IPA) kesugihan menambah kapasitas debit 100 m/dtk.

tercatat unit pengolahan di Kabupaten Cilacap jumlahnya 6 unit IPA selain terletak di kecamatan kesugihan untuk melayani wilayah kota,  di kecamatan maos, untuk wilayah timur, lalu untuk wilayah cilacap barat dilayani unit pengolahan di kecamatan Sidareja, Majenang dan wanareja. sedangkan bahan untuk pengendapan (koagulasi) di syaratkan Kemenkes sekarang dengan Chlor bukan kaporit.

sampai tahun 2015 jumlah pelanggan PDAM lebih dari 66 ribu. Dengan rencana penambahan kapasitas debit maka akan mampu melayani sambungan pelanggan baru.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s