ANGGARAN BOS NAIK 42,7 %.,

Sejatinya dana BOS dimaksudkan untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam rangka wajar 9 tahun supaya lebih bermutu. Tragisnya pada masa 2008-2011 Dana Bos didalamnya termasuk di gunakan untuk gaji Guru, menyusul pasca putusan Mahkamah Konstitusi terhadap Pasal 49 Ayat (1), Undang-undang 20 tahun 2003 tentang Sikdinas, dimana anggaran menjadi naik minimal 20 %, dengan konsekuensi gaji guru masuk didalamnya, jadinya komponen gaji memakan sekitar 50 %  bahkan lebih dana BOS.

Mulai tahun 2012  anggaran BOS besarannya terus dinaikkan mencapai 42,7 %, diharapkan tidak lagi menarik biaya untuk kebutuhan operasional sekolah. Dana dijenjang sekolah dasar (SD), besaran RP. 580 ribu per anak/pertahun, sedang untuk jenjang SMP sebesar Rp. 710 ribu per anak pertahun, untuk penyediaan  pendanaan bagi satuan pendidikan, sebagai pelaksanaan wajib belajar.  Dana BOS 100 % untuk memenuhi kebutuhan operasional sekolah, kecuali Rintisan Sekolah Bertaraf International (RSBI) dan sekolah Bertaraf Intenational (SBI).

Mekanisme penyaluran dana bos juga mengalami perubahan, yang tadinya dari Kemenkeu harus melalui Kas Umum Daerah Kabupaten/ Kota, lalu ke Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota, baru ke sekolah negeri atau swasta. Sekarang dari Kemenkeu ke Kas Propinsi, langsung diteruskan ke rekening sekolah negeri maupun swasta. sedang transfer dana secara periodik  tiap tiga bulan sekali.

Dari perubahan mekanisme, penyaluran dana  untuk 2012 terlihat  lebih cepat, provinsi ikut bertanggungjawab pelaksanaan dana BOS, kabupaten / kota bertanggung jawab pada data siswa, dan akhirnya apabila terjadi masalah akan lebih mudah terkontrol untuk ditemukan gejala ataupun substansi masalahnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s