KPU: Integritas Pilkada Cilacap 2012 Perlu Tambahan Anggaran,

Berbeda dengan pilkada sebelumnya, pada pilkada 2012, Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa difungsikan untuk melakukan penghitungan hasil suara, hal ini merujuk pada peraturan baru, UU nomor 15 Tahun 2011,  tentang Penyelenggaraan Pemilu. ” sekarang PPS melakukan tugas rekapitulasi penghitungan hasil suara,” kata kepala Sekretariat KPU, Drs. Usnanto. Dijelaskan, dibutuhkan tambahan tiga orang perdesa dari jumlah seluruh desa dikabupaten Cilacap sebanyak 289 desa. Setiap PPS tingkat desa nantinya jadi berjumlah lima orang. Dengan demikian dua tenaga dari pemerintahan desa  untuk administrasi , tiga orang lainnya tenaga PPS,” terangnya.

Berlangsungnya integritas Pemilu yang jurdil sangat tergantung bukan hanya dari pihak para penyelenggara dan pengawas, masyarakat pemilih sendiri juga harus pro aktif. “Pilkada kita menganut stelsel aktif, masyarakat sendiri lah yang harus pro aktif, datangi dan melihat sendiri sudah terdaftar apa blum sebagai peserta pemilih,” katanya. Menyusul ketika  ditanyakan soal kesiapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), karena dari data laporan media, kekrisuhan pilkada muncul dari daftar pemilih yang tidak  valid. Menurut Kepala Sekretariat KPU,  DPT merupakan hak pilih seseorang, kalau meragukan suatu hal wajar, karena soal DPT memang tugasnya KPU, sedang Dinas Catatan Sipil pada DP 4, nantinya di verifikasi. ” DPT tidak bisa utuh , tiap hari, tiap detik tidak bisa menjamin jumlahnya tetap, sebab kita tidak tahu pada detik tertentu ada orang yang meninggal, maupun saat itu orang terdaftar sebagai aparat TNI yang otomatis kehilangan hak pilihnya,” demikian terangnya.

Sebelumnya DPRD Cilacap sepakati anggaran Pilkada 2012 sebesar Rp. 24.153.140.000,-. Anggaran tersebut terbagi, untuk KPU sebesar RP.23.349.285.000,- dan Panwas pengamanan, sebesar Rp.803.855.000,-. Dengan adanya peraturan baru tersebut pihak KPU akan mengajukan tambahan ke eksekutif untuk dibahas bersama. “Bagaimanapun adanya tugas rekapitulasi di PPS membutuhkan anggaran,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s