Pilkada Cilacap 2012. Jelita Di Usung Tiga Partai, Khozan Akhmad SIP, Daftar Cawabub .

Partai-partai besar sudah bersiap-siap menyongsong Pilkada 2012, dengan tahapan awal penjaringan dan penyaringan bakal calon Bupati dan Wakil bupati untuk periode 2012-2017. Partai PDIP sudah membuka pendaftaran sejak 1 November sampai 30 oktober. Hari ini (15/11) bertempat dikantor DPC. PDIP, bertepatan dengan Rapat Koordinasi Pimpinan Anak Cabang (PAC), bakal calon Bupati Novita Wijayanti, SE. MM, mendaftarkan diri. Pengambilan formulir pendaftaran dilakukan oleh tiga partai PDIP, PPP dan PKB, dilaksanakan oleh perwakilan masing-masing partai bersama jajaran pengurusnya, dari PDIP diwakili wakil ketuanya, Kustiwa, Bsc, lalu dari PPP diwakili ketuanya H. Parimin Abdullah dan PKB oleh Ketuanya H. Muslikhin Msi.

Prosesi pengambilan formulir, perwakilan tiga partai, diterima oleh panitia pendaftaran, Robin L Tobing, Sekretaris DPC dan Darimun, sekaligus ketua fraksi PDIP DPRD, didampingi jajaran pengurus PDIP. Dengan dilakukan pendaftaran ini, bakal calon Bupati Novita Wijayanti, sekaligus anggota DPRD dari PDIP Propinsi jateng, otomatis kader internal partai PDIP, dalam menghadapi Pilkada 2012, di usung oleh koalisi tiga partai. Sebenarnya PDIP boleh mengusung pasangan calon sendiri tanpa berkoalisi, karena memenuhi minimal 15 persen suara sah legislatif. Di balik koalisi tentu ada hitung-hitungan dukungan, saat ini perolehan kursi PDIP di DPRD, 16 kursi, dengan koalisi, ditambah PPP, lima kursi, dan PKB, 3 kursi, sudah ada 24 kursi, hampir separo dari kursi DPRD Cilacap berjumlah 50 kursi. Kalau hitungan ini berjalan konsisten dengan dukungan massa partai, dilapangan bisa mencapai 50 % dukungan suara untuk Balon Bupati Cilacap. Kalau kompetitor pasangan calon yang lain mampu berkoalisi mencapai 50 %  suara sah legislatif, dipastikan Pilkada Cilacap 2012 akan kompetitif dan pertarungan akan berlangsung keras.

Di saat itu juga, waktu selesai prosesi pendaftaran bakal Cabub, muncul dengan seragam perangkat desa beramai-ramai, memasuki Gd. PDIP,  mereka menyebut diri sebagai Paguyuban Perangkat Desa Cilacap Barat, Wahyu manunggal. Di ruangan kantor, diterima jajaran pengurus DPC, salah satu wakilnya menyampaikan maksud kedatangannya, adalah menyikapi pendaftaran Calon Bupati dan Wakil, para Paguyuban Kepala Desa Cilacap bermaksud mencalonkan bakal calon Wakil Bupati nya yakni Akhmad Khozan SIP. Lalu diterima pendaftarannya.

Sesudahnya, karena bertepatan kegiatan rapat koordinasi PAC, nampak di ruangan aula , H. Fran Lukman S.Sos Msi, Ketua DPC PDIP Cilacap, mengembleng peserta rapat. Selesai itu MC nya menyampaikan kabar kalau hari ini adalah Ulang Tahunnya Fran Lukman, mengajak peserta agar bersama-sama dinyanyikan ucapan selamat.. Dengan tegas keras, Ketua DPC, mengatakan saya menolak, namun karena lebih banyaknya peserta rapat yang menghendaki, akhirnya berjalan, beramai-ramai menyalami ketua PDIP sambil bernyanyi selamat ulang tahun. Alhasil acara hari itu, sangat meriah.

Sambil mengikuti acara berlangsung, bakal cawabub, Akhmad khozin SIP, mengatakan ini berangkat dari keprihatinan para kades, nantinya minimal ikut sumbangsih untuk kebijakan, selama ini kebijakan kedesa implementasinya belum jelas, soal sudah ada empat pilar perhatin pembangunan kedesa, harapannya bisa melengkapi secara nyata untuk desa. Para kepala desa ini mewakili 78 desa dari kecamatan dayeuhluhur, kecamatan wanareja, majenang, cimanggu dan karangpucung.

Sementara itu, saat dikonfirmasi alasan pertimbangan ke ikut sertanya PKB dalam koalisi, Ketua  DPC PKB, Muslikhin Msi, mengatakan dari visi misi ketemu, sama-sama wong cilik, itu jadi latar belakang perpaduan antara partai Religius Nasionalis dengan Nasionalis dan perlu diingat sejarah sejauh NU dengan PNI dari dulu  membuat bareng untuk bangsa bisa mencapai kemerdekaan.  Saat ini PKB dilahirkan NU  dan PNI kini dengan PDIP. “Soal internal sudah selesai, sudah dapat lampu dari DPP, sambil menunggu keputusan terakhir diserahkan pada daerah yang lebih tahu persoalannya,” ujar Muslikhin. Dari PPP, Sekretaris DPC, Rokhim, mengatakan menurut pertimbangan PPP mengusung jelita adalah sejarah mega bintang yang mampu menyatukan kebersamaan dukungan massa rakyat sangat besar, dan kita realistis komposisi di DPRD yang kuat nantinya jadi hubungan eksekutif dan legislatif akan baik.

2 responses to “Pilkada Cilacap 2012. Jelita Di Usung Tiga Partai, Khozan Akhmad SIP, Daftar Cawabub .

  1. Saya sangat setuju dengan kualisi 3 partai dari PDIP PPP PKB.yang mengusung mba Novita menjadi calon bupati cilacap.asal dari semua pengurus partai bekerja sungguh sungguh aku yakin menang, ku doa kan mba novita semoga sukses.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s