Greget Pilkada Cilacap 2012

Kendati hajatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Cilacap akan dilaksanakan sekitar september 2012 mendatang, namun gregetnya sudah terasa mulai sejak akhir tahun 2011 ini. Ini terbukti dari maraknya baliho, stiker, dengan kemasan kampanye. Sejumlah nama bakal calon (balon) bupati yang menjagokan diri antara lain : Dra. Novita Wijayanti, MM, Hj.Dra. Siti Fatimah, Sudjarwo Msi, H.Ir. Akhmad Edi Susanto dan tentu saja incumbent Bupati Cilacap saat ini Tato Suwarto Pamuji.

Dari nama-nama balon bupati Cilacap tersebut, nampaknya mempunyai kans yang sama kompetitifnya. Hingga akhir tahun 2011 ini, sebuah sumber yang menyebutkan bahwa polling yang dilakukan sebuah lembaga survey memberikan hasil prosentase peringkat pertama 20 % untuk Siti Fatimah, kedua 21 % Novita wijayanti, dan Incumben Tato SP mendapat prosentase 17 %. Meskipun begitu, hasil polling belum tentu menjamin peringkat dukungan sebenarnya.

Hal ini, terkait masih panjangnya waktu pelaksanaan pilkada itu sendiri, sebagian para balon saat ini baru menanam perkenalan di masyarakat dan Partai pengusung balon, Partai PDIP maupun Golkar yang masing-masing berhak mengusung pasangan calon tanpa berkoalisi belum ada penetapan siapa bakal calon kepala daerahnya. Hanya Partai Golkar yang sejak dini sudah membuka pendaftaran balon bupati Cilacap, dibuka mulai dari 10 oktober sampai dengan pengembalian formulir pada 10 November ini. Dari penjelasan pengurus partai Golkar, dengan ditunjukkan tercatat di register pendaftaran,  ini sudah mendaftar antara lain Hj. Siti Fatimah, Sudjarwo Msi dan Ir. Akhmad Edi Susanto. Sampai hari terakhir, Hj. Siti fatimah dan Sudjarwo, Msi, sudah pengembalian formulir . “harapannya kalau balon bupati bukan struktural pengurus partai, wakil di isi dari struktural partai,” kata Ketua DPD II Golkar , Toto Yuli Santoso, sekaligus Wakil Pimpinan DPRD Cilacap.

Seperti dijelaskan di media ini, dalam mempersiapkan Pilkada 2012, Pihak Eksekutif dan DPRD Cilacap sepakati anggaran Pilkada Cilacap 2012 sebesar Rp. 24.153.140.000,-. Anggaran tersebut terbagi, untuk KPU sebesar RP.23.349.285.000,- dan  Panwas pengamanan, sebesar Rp.803.855.000,-. Sedang kalau dilihat dari peta perolehan kursi DPRD,  terdapat kemungkinan delapan pasang (8) calon, diasumsikan ada tiga (3) pasang calon independent dan lima (5) pasang calon dari unsur partai. Dari lima pasang calon dari unsur partai, yang berhak mengusung sendiri partai PDIP, P. Golkar dan P. Demokrat, 2 pasang bisa dari gabungan partai, dari PAN, PPP, Gerinda, PKS dan PKB. Sedangkan pasangan calon Independent di syaratkan kurang lebih mendapat dukungan tiga persen (3%) suara jumlah penduduk atau enampuluh ribu (60.000) org.

Siapa yang nantinya akan menjadi Bupati dan wabub Cilacap periode mendatang, akan semakin menarik. Terlebih  salah satu balon, Dra. Novita wijayanti MM,  merupakan Putri dari Ketua DPC PDIP Cilacap. dari segi umur yang masih muda, 31 tahun, mampukah mewakili jamannya yang lebih terbuka, mengangkat derajat harga diri wong cilik, ini masih dipertanyakan. Dilain pihak bakal calon Hj. Siti Fatimah pernah ikut pilkada 2007 dengan perolehan suara kalah tipis dengan mantan Bupati Probo Yulastoro. Tentu, dukungan suara masa 2007 menjadi modal pilkada.2012. Walaupun peta polling bukan jaminan dukungan untuk pilkada nanti, dapat saja dipandang mewakili, dua kandidat akan bersaing sangat kompetitif. Sedangkan Kans untuk incumbent dapat menjadi kuda hitam, dengan programnya saat ini “Bangga Mbangun Desa” terbukti menyentuh psikologi sebagian besar kantong suara masyarakat di rasakan di desa-desa. Akankah bukti tersebut menjadi suara dukungan masyarakat, untuk incumbent ?

Satu persoalan, adalah peran dari H. Fran Lukman. Ketua DPC. PDIP Cilacap yang juga Ketua DPRD Cilacap, selama ini sudah terlihat mendorong Novita Wijayanti untuk maju jadi balon  bupati. walaupun saat ini berumur cukup tua, masih dikenal sebagai politikus ulung nan cerdas, selalu memikirkan momentum-momentum untuk kesejahteraan rakyatnya, kedudukannya sebagai wakil rakyat sudah tidak netral lagi. Ini menjadi perjalanan menuju pendopo Wijaya Kusuma untuk menentukan siapa yang nantinya akan menjadi Bupati dan wabub Cilacap periode mendatang, akan semakin menarik lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s