Aspal Program Swadaya Desa Habis

Dinas Bina Marga, Sumber Daya Air, Energi dan Sumber Daya Mineral,  dalam program infrastruktur jalan saat ini pada APBD Tahun Anggaran 2011 di anggarkan Rp.12 M yang difokuskan untuk jalan desa, dikenal dengan nama program aspal swadaya. Untuk program ini, Dinas ESDM hanya menyediakan aspalnya saja, bila desa sudah siap materialnya, baru diberikan, penggarapannya dilakukan swadaya masyarakat desa itu sendiri. Di katakan Kepala Dinas Bina marga ESDM, Drs. Farid Ma’ruf MM, selama ini kebutuhan usulan dari desa sangat banyak,  pada tahun ke dua (II) ini aspal hampir habis, ia berharap untuk tahun 2012 program aspal swadaya bisa diakomodir. Selain itu saat ini dibutuhkan adanya pemeliharaan jalan di wilayah kabupaten baik yang rusak berat atau ringan dari hitungan dibutuhkan anggaran 15 M. Jalan yang rusak ringan tidak memaksakan dulu untuk diaspal badan jalannya, hanya pemeliharaan berkala, anggaran aspal hotmik diperuntukkan untuk jalan kabupaten. Di APBD perubahan Tahun 2011 ada anggaran pemeliharaan sebesar Rp. 5 Milyard, semen Rp. 3 M, dan untuk rutin Rp.13 M.

Perbaikan infrastruktur jalan di fokuskan jalan Vital yang ada di Cilacap. Perbaikan jalan yang masih ditangguhkan, jalan Sidareja ke Karangpucung, untuk tahun 2012 masih ada 10 Km. Adapun jalan yang sudah bagus jl. alternatif proliman Kuripan dan jalan lebeng Kreweng Kecamatan Jeruk legi. Selanjutnya nanti jalan-jalan Kabupaten diperbaiki dengan prioritas jalan kawunganten -jeruklegi.

Dari data terangkum, aspal swadaya telah diprogramkan sejak APBD tahun 2010 sebesar 10 Milyard terpenuhi aspal sebanyak 8.535 drum. Ada 196 desa yang mengajukan usulan.  Panjang jalan yang terealisasi 60.738 Km. Masyarakat desa dalam mengajukan usulan kebutuhan drum aspal menggunakan rumus Panjang kali Lebar kali Berat jenius Aspal (2,5) dibagi berat drum aspal 155 kg.

Ketika media konfirmasikan program aspal swadaya pada Ketua Komisi C DPRD Cilacap, Kamaludin mengatakan, Aspal swadaya diakomodir dalam APBD TA 2012 sebesar 15 Miliar. Sedangkan informasi dari anggota Komisi C bidang pembangunan lainnya, katanya, pengerjaan aspal swadaya perlu di awasi segi kualitasnya sebab pelaksanaannya di kerjakan melalui swadaya masyarakat, sehingga penggunaan dana negara APBD benar-benar efektif berkontribusi untuk masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s