Pemberian Hak Bagi Pelaku Kepercayaan

Hak Azasi bagi warga indonesia, suatu hal proses panjang dapat pengakuannya dalam berbangsa dan bermasyarakat, namun dalam reformasi demokratisasi, semua entitas warga mulai dapat mengekpresikan hak-hak dasarnya, tak terkecuali warga penghayat kepercayaan, saat ini mempunyai aturan hukum yang melegalkan aktivitasnya, yakni dalam UU No. 23 tahun 2006 dan PP No. 37 tahun 2007, tentang penghayat kepercayaan, dan sedangkan tentang pelayanan penghayat kepercayaan SK menteri Kebudayaan dan pariwisata.

Dengan adanya payung hukum itu, pelayanan Hak azasi bagi penghayat kepercayaan dalam rangka syarat administrasi KTP, perkawinan dan kematian sudah bisa di lakukan. Hal ini di kemukakan, Sekretaris Badan Kerjasama Organisasi Kepercayaan terhadan Tuhan yang Maha Esa (BKOK), Basuki Raharjo, dalam soal identitas warga penghayat dalam KTP sekarang dapat di tulis kosong dan untuk melakukan syarat administrasi perkawinan masuk di catatan sipil, sedang penuntun perkawinan dilakukan oleh pemuka penghayat, ini diatur dalam SK menteri tersebut. “Tadinya dianggap kumpulkebo (kawin adat), dikabupaten Cilacap terdapat 110 pasang, sudah di selesaikan 70 pasang. Penyerahan akte perkawinan baru secara simbolis pada waktu itu Oleh mantan Bupati Probo,di Gd. Dwijaloka, tetapi ini sebenarnya hanya ganti akte perkawinan tercatat tahun yang lama.” demikian keterangannya. Dan di tambahkannya, sekarang disambut baik oleh Bupati Tato pamuji.

menurutnya di tahun 2010 terdapat 24 paguyuban yang tersebar di seluruh kabupaten, sedang anggota sudah mencapai 90 ribu kepala keluarga (KK), Dalam ritual budaya  di padepokan paguyuban masing-masing atau di sebut pasemuan, sedangkan BKOK selama ini mewadahi sisi pembinaannya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s