Prestasi Olah Raga Kabupaten Cilacap

                          Berkat manajemen dan Kerja Sama

Meraih prestasi, di saat masa lalu terpuruk, tentu menjadi sangat  membangggakan, ini mestinya menjadi catatan tak terlupakan warga Cilacap pada cabang Olah raga, sebabnya pada Pekan Olah Raga (POR) multi event setengah wilayah Jawa Tengah (Dulongmas) ke II, yang belum lama ini (8 s/d 10 Juli), Kabupaten Cilacap pada event Olah Raga meraih posisi Runner Up. Dari sebelumnya pada POR Dulongmas I tahun 2007 berada di peringkat delapan. Urutan I: Banyumas, ke II: Cilacap dan ke III: Purbalingga. Kabupaten Cilacap menjadi Runnuer UP dengan 58 emas, 50 perak dan 52 perunggu.  Meraih prestasi, keberhasilannya tentu tak bisa dilepaskan ialah orang-orang dari team Litbang pengendali manajemen dan adanya kerja sama, dalam hal ini bidang olahraga yang menaungi adalah Korps Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) cabang Cilacap.

Pengendalian manajemen dan kerjasama, konsepnya diterapkan Ketua Litbang KONI Bambang Sri Wahono SH,  menerangkan pada suatu kesempatan, menurutnya, ini diterapkan baik pada pelatih maupun atletnya , juga dengan mengundang sisi keilmuan dari pihak UNNES untuk melakukan pelatihan, sedangkan pengendalian dari sisi psychologis mengundang pelatih psycholog bu Reni, kesehatan ditangani dr. Yuyun, kerjasama pengendalian semua pihak ini akhirnya adanya keberhasilan sebuah prestasi. “ keberhasilan meraih prestasi dengan menerapkan manajemen kerjasama professional,” ungkapnya.

Ketua Litbang KONI Kabupaten Cilacap kemudian mencontohkan bagaimana pada cabang olah raga bisa meraih prestasi. Pada Cabang Volley,  katanya. manakala dalam pertandingan mau kalah, mengupayakan di dampingi team psyikhologi, hasilnya menjadi menang, “ Ungkapnya.

Contoh lain bentuk kerja sama tersebut adanya dukungan dari orang tua atlet. Mereka, katanya, di cabang atlit Anggar dan senam seluruh orang tuanya ikut mensupport. Contoh lain, dikatakan, pada cabang olah raga dayung, keluarga atlet ramai-ramai sewa rumah untuk mensuport, juga sampai suami-istri ikut masak, sebabnya atlet dayung kebanyakan masih pemula. Mereka, semuanya menjadi menambahkan semangat untuk meraih prestai atlet. Demikian juga peran atlet dengan latihan kontinyu, akan semakin prestasinya terukur, demikian ujarnya,

Demi tercapainya sebuah prestasi, selalu memberi masukan positif, Dikatakan, dalam setiap briefingnya. “Kebersamaan pengurus KONI dan orang tua ada manfaatnya, saya katakan semua cabang, kerjasama yang baik akan menghasilkan yang lebih baik, team yang solid akan hasilkan keputusan yang yang hebat,” katanya

Keberhasilan meraih Runner Up ini, katanya, juga sebagai persiapan Evaluasi yang akan di berangkatkan di Pekan Olah Raga Propinsi (PORPROV).  Selanjutnya, katakan, Sedang di pikirkan program penitipan atlit,” begitu ujarnya, sambil menutup pembicaraan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s