DPRD Setuju Pertanggangungan Jawab APBD 2010

APBD Tahun anggaran (TA) 2010, pada rancangan laporan keuangan Pemda Cilacap, berpedoman pada rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)  Kab. Cilacap 2008 -2012. APBD sebagai pengelolaan keuangan daerah. Penilaian menyangkut kesesuaian tupoksi dan kaitan logis antara permasalahan yang akan di selesaikan satuan kerja dengan prioritas program dan kegiatan yang di usulkan, dengan pendekatan kinerja.

Selanjutnya RPJMD tahun 2008 -2012, Arah Kebijakan Umum (AKU) pelaksanaan pembangunan Pemda Cilacap lebih dititik beratkan pada penanganan 7 (tujuh) isu utama dari prioritas pembangunan. Oleh sebab itu kebijakan yang di tempuh dalam upaya mengatasi permasalahan tersebut diatas mengarah melalui kegiatan : a). Menurunkan angka kemiskinan, b).Meningkatkan pemberdayaan Masyarakat, c). Profesionalisme Aparatur (SDM), d).Meningkatkan Pendapatan daerah, e). Meningkatkan sarana dan prsarana pendukung, f).Pemanfaatan SDA scr berkelanjutan, g). Meningkatkan upaya penegakan Hukum .

1.Pendapat Akhir fraksi PDIP, dengan juru bicara,  Ir. Purwanto

 Menanggapi rancangan peraturan daerah tentang pertanggungan jawab APBD th. 2010, menyampaikan hal-hal berikut :   Fraksi PDIP tidak keberatan untuk di tetapkan menjadi Perda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD T.A 2010.

Pendapat akhir Fraksi PDIP setelah membaca, mencermati,  dan mempelajari pertanggungan jawab APBD 2010 yang disampaikan Bupati tanggal 14 Juni 2010. Fraksi PDIP menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Bupati, mampu menyajikan laporan keuangan yang sesuai dengan amanat PP 58 tahun 2005. beberapa evaluasi dan saran yang dipandang perlu guna pembenahan dan tindak lanjut supaya Cilacap lebih baik, sebagai berikut

a. Bidang pemerintahan,  

 pemerintahan desa merupakan ujung tombak pelayanan Pemkab Cilacap. Sebagaimana diatur dalam perda N0. 09 tahun 2007, tentang pengelolaan keuangan desa, fraksi PDIP meminta kepada Bupati untuk lebih teliti dan intensif dalam pembinaan Perdes, sehingga di kemudian hari tidak menimbulkan permasalahan hukum.

b.). Bidang keuangan dan perekonomian,                                                                                                            1. Keuangan :

Pemda berhasil memenuhi target pendapatan daerah, sehingga pembangunan berjalan dengan baik, di tahun anggaran berikutnya Bupati dapat melakukan efisiensi anggaran pada belanja makan dan minum dimasing2 SKPD yang masih terlalu berlebihan, hal ini penting karena beban pembangunan masih perlu banyak anggaran.

2 . Perikanan dan kelautan

Pembinaan terhadap nelayan, perlu adanya dorongan dari Bupati agar dilakukakan inovasi baru yaitu menjadi nelayan tambak khususnya diwilayah kampung laut, agar lepas dari ketergantungan hasil laut.

c.) Bidang pembangunan, 

Kita akui kepercayaan kepada masyarakat terhadap Pemda terkait pembangunan semakin menurun, pada prinsipnya fraksi PDIP memahami bahwa beban anggaran pembangunan sangat tinggi, untuk itu berharap Bupati lebih kreatif dalam mencari terobosan 2 sumber dana dari pusat ataupun propinsi. Kemudian, peingkatan pengwasan pada pelaksanaan pembangunan ditingkatkan, karena masih banyak pekerjaan pembngunan tidak memenuhi standar bestek. Selain perencanaan yang matang perlu ditingkatkan, sehingga tidak ada proyek mangkrak. Pemerataan pembangunan,  meminta kepada Bupati supaya menganggarkan pengadaan jaringan listrik diwilayah kampung laut, sebesar Rp. 500.000,- .

d).Pendidikan dan Kesra  

Fraksi PDIP memandang perlu gedung Dinas Pendidikan dan  Olah raga untuk dilakukan Renovasi menjadi representatif. Kemudian dedung-gedung UPT pendidikan yang kurang layak segera direnovasi., mengingat tenaga kependidikan yang mencapai angka 13,000 tiga belas ribu  punya tanggung jawab besar dan menjadi sentral pembinaan penyelengaraan pendidikan. kemudian terkait bagian kesra dan pembanguann di lingkungan setda pelaksanaan bantuan pembangunan perlu lebih transparan dan jelas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s