DPRD Cilacap: Pansus XVI Raperda Tata ruang

DPRD Cilacap : Rencana Perda Tata Ruang.

Pansus XVI DPRD Cilacap: Penataan Ruang sangat Fundamental

Pansus XVI yang membahas Raperda Tata ruang Wilayah (RTRW) sampai saat ini terus bekerja; sempat beberapa waktu lalu media mengabarkan Tim Pansus ke jakarta (15-16/6) untuk memperjelas sejumlah status tanah, diantaranya status tanah disepanjang pantai dan Pulau Nusakambangan. Menurut ketua Pansus Hermawan Santosa dijakarta tentu ke lembaga terkait masalah tersebut, namun salah satunya belum ketemu Menkopolhukan, baru dikonfirmasi lanjut dengan staff menko. Menurutnya “esensi pansus  tentang penataan ruang sangat fundamental, karena berdasarkan penjelasan staff Badan Koordinasi Penataan Ruang Nasional (BKPRN) wilayah pinggir pantai bukan milik TNI, tetapi milik pemda”.

Selama ini, tanah disepanjang pantai oleh masyarakat Cilacap di kenal sebagai tanah kokon atau tanah yang dikuasai TNI AD dan sama seperti Pulau Nusakambangan juga di klaim oleh Depkumham yang difungsikan sebagai Lembaga Pemasyarakatan (LP). Kalangan masyarakat Cilacap memandang dari segi geografis wilayah tersebut masuk dalam wilayah hukum Cilacap dan sangat potensial untuk dikembangkan; untuk kepentingan Pemda Cilacap merupakan aset meningkatkan PAD. “bagaimana mau mengembangkan optimal kalau status tanah belum jelas, paling tidak kalau ada klaim harus dapat dibuktikan , kalau misalkan batas mana jelas, duduk dengan perjanjian, kedepan tak masalah, memuaskan semua pihak. ujar Hermawan Santosa.

Sambil menunggui kejelasan soal status tanah yang belum jelas, karena ada klaim zona pertahanan, namun dari pantauan selama ini terdapat sebagian warga dapat menggunakan tanah pinggir pantai, entah bagaimana prosedurnya, apa melalui pemda pinjam pakai ke Kodam atau warga cukup ijin ke Danbekang Cilacap. Di luar status tanah yang mumet i untuk ukuran warga umumnya. Tentu semua berharap ke Pansus untuk upaya menyelesaikan status tanah dan Raperda RTRW, sekali lagi lebih transparan lebih enak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s