Cilacap Kota Industri ? kerusakan jalan dan lingkungan

 Tidak Cukupkah Mengerti Merugikan Bersama

Kerusakan jalan dan lingkungan mendominasi aspirasi warga Cilacap; yang disampaikan melalui berbagai media maupun demontrasi !, kerusakan jalan warga masyarakat menuding aktivitas pengangkutan pabrik semen, ekploitasi Nusakambangan dengan pengambilan bahan baku untuk pabrik semen Holcim dan angkutan batubara pabrik PLTU menjadi sumber persoalan, sedangkan aktivitas penambangan pasir besi di kec. adipala dan kec. binangun ; sempat di demo warga Desa Sidaurip; dinilai dampak negatifnya seperti: rusaknya jalan desa, kerusakan lingkungan dan terganggunya warga karena banyak jalan desa dimanfaatkan untuk lalu lalang dump truck pengangkut pasir besi.

namun masih ada LSM yang berbicara persoalan tersebut hanya karena belum adanya kesepahaman antara warga dan pengusaha. Demikianpun warga masyarakat salah satu desa kec. Binangun yang sebelumnya beberapa kali demontrasi penolakan aktivitas penambangan pasir besi, dimedia dikabarkankan terjadi kesepakatan adanya kompensasi untuk warga, karang taruna dan kelurahan desa setempat.

Selesaikah persoalannya.!

Dalam melihat persoalan kerusakan lingkungan semestinya warga ataupun aktivis pendamping kasus lingkungan janganlah menepuk dada ketika selesai sebatas kompensasi.  Tetapi kita renungkan apakah perjuangan telah berhasil ! Benar kalau aktivis pendamping warga, kasus lingkungan sudah menjadi isyu. Bukan isyu dalam pengertian orang banyak, yakni desas desus yang tak berdasar. Melainkan isyu dalam pengertian ilmu politik, yakni “suatu masalah yang belum dipecahkan, yang menantikan keputusan yang otoritatif”.

Dampak sistemik dan kritik kultural yang terlupakan dari suatu perubahan yang muncul dalam lingkungan fisik, yang disebabkan, dipengaruhi manusia, yang dampaknya membangkitkan kepedulian sosial dan menciptakan masalah-masalah yang melahirkan tindakan-tindakan politis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s