DPRD Cilacap, Rapat paripurna,sambutan BUPATI Clp

SAMBUTAN BUPATI CILACAP

PADA ACARA RAPAT PARIPURNA DPRD

KABUPATEN CILACAP KAMIS,30 JUNI 2011

Rapat paripurna DPRD dengan Agenda Persetujuan bersama Penetapan 5 (lima) Rancangan Perda Kabupaten Cilcap.

1. Perubahan atas Perda Cilacap N0.7 tahun 2006 tentang Perangkat Desa

2. Pedoman Pembentukan,Penghapusan,Penggabungan desa dan Perubahan Status desa menjadi Kelurahan.

3. Pengelolaan sampah dan Restribusi Pelayanan Persampahan/ Kebersihan di Kab. Cilacap.

4. Tata Pelayanan dan Restribusi Pelayanan Kesehatan pada Unit Pelaksana Teknis Puskesmas dan unit Pelaksana Teknis Laboratorium Kesehatan daerah kab. cilacap

5. Restribusi Pelayanan pasar di Kab. Cilacap menjadi Peraturan Daerah.

Dalam mbangun Desa yang sedang kita laksanakan, saya memprioritaskan 4 (empat) Pilar yang merupakan kebutuhan yang sangat mendasar ditengah tengah masyarakat, yaitu Pendidikan, Kesehatan, ekonomi serta Lingkungan dan Sosial Budaya.

I. Tanggapan terkait pendapat akhir Fraksi, sebagai berikut:

1. Perubahan atas Perda perangkat desa; tingkat pendidikan bagi perangkat desa dan kepala dusun harus di sesuaikan. Selain proses pengangkatan dan pemilihan kepala dusun melalui seleksi perlu dilaksanakan.

2.Menindaklanjuti Pasal 4 ayat 1 dan pasal 5 ayat 4 Peraturan Pemerinrtah nomor 72 tahun 2005tentang desa dan {ermendagri n0.28 Tahun 2006 tentang status desa menjdi kelurahan. maka bagi desa yang statusnya menjadi kelurahan, seluruh kekayaan dan sumber-sumber pendapatan desa menjadi kekayaan daerah. dan dikelola oleh kelurahan bersangkutan.

3. Pengelolaan sampah dan restribusi. Dengan diundangkannya undang-undang N0. 28 tahun 28 Thun 2009 tentang pajak daerah dan restribusi daerah maka perda kab. N0.3 tahun 1999 perlu ditinjau kembali.

Pengelolaan sampah merupakan tanggung jawab bersama. Pemda cilacap menerapkan metode pemberlakuan dengan prinsip 3 R (Reduce, Reuse dan recycle) dengan cara memekai kembali dan mendaur ulang sampah.

4. Tentang tata pelayanan kesehatan di UPT Puskesmas perlu ditinjau kembali

5. Perda N0. 8 tahub 2004 tentang pasar perlu ditinjau kembali dan disesuaikan. Peraturan daerah ini hanya mengatur tentang restribusi pasar , selanjutnya untuk meningkatkan, ketertiban,keamanan dan kenyamanan maka pengaturan pengelolan pasar secara umum kan segera kita susun rancangan peraturan daerah yang terpisah.

terkait dengan toko modern , mendasari peraturan presiden nomor 112 tahun 2007 tentang penataan dan pembinaan pasar tradisional, pusat perbelanjaan dan toko Modern, kita segera menyusun regulasinya . sehingga keberadaan pasar bersinergi dalam perekonomian masyarakat.

terakhir, terhadap berbagai saran dan masukan akan kami jadikan masukan acuan dalam menjalankan roda pemerintahan di kabupaten cilacap.

sekian,terima kasih. wassalamu’alaikum wr. wb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s