PDAM Cilacap. Kinerja

  

KINERJA PDAM Cilacap

“WAJAR TANPA PENGECUALIAN” (WTP)

Laporan koreksi investigatif Tahun 2011..

Dengan bertambahnya populasi penduduk kebutuhan akan air terus meningkat, dibarengi tingkat pencemaran dan kerusakan lingkungan kualitas air terus menurun. Air tawar yang menjadi sumber air minum ternyata saat ini hanya 1 % dari volume total air dimuka bumi. Yang terbanyak adalah air laut, hal ini menjadi air merupakan kebutuhan vital manusia, terutama untuk konsumsi.

Hal inilah salah satunya seperti dikatakan Dirut Perusda PDAM Cilacap Ir. Bambang Riyadi MM : ”sekarang PDAM sedang menyiapkan Bisnis Plan, selain sampai saat ini tidak ada upaya kenaikan tarif, berhenti tahun tahun 2010”. Sedangkan dari sisi jumlah mengalami kenaikan Jumlah pelanggan Tahun 2005 = 33.577 ribu pelangga, tahun 2008= 41.928 ribu sambungan rumah  /sebesar 19,33 % dari jumlah penduduk dan tahun 2011= 54.6 ribu pelanggan.

Kenaikan jumlah pelanggan yang signifikan sehingga harus menyiapkan treatmen baru sebesar  200 lt/dt dalam jangka waktu  3 tahun ke depan.

Dalam hal ini upaya PDAM akan menggunakan; dana sendiri dan dana pinjaman: berdasarkan Perpres 29/2009 langsung dengan Bank Indonesia bunga rate 6% / th sisa bunga ditanggung pemerintah pusat Departemen P.U.

Sedang tingkat kebocoran air terus menurun dari : Tahun 2004 : 26,05 %, Tahun 2005: 25.23 %, sampai dengan tahun 2011: 24,6 % ; standar toleransi Departemen P.U: 20%

PDAM sampai saat ini masih ada subsidi beaya untuk golongan pelanggan rumah tangga seperti diungkapkan Dir. Umum PDAM H. Djumadi SE: “untuk beaya operasi sebesar Rp. 3.431,75/m3, sedangkan harga jual Rp.3.608,63/m3, beban subsidi akan terus bertambah karena saat ini 97,8 % adalah pelanggan rumah tangga”. Berdasarkan perbub No.3 tahun 2005 harga industri sebesar Rp.3500 /m3 dengan jumlah pelanggan hanya sebesar 1 % belum mampu untuk menutup biaya mengimbangi biaya subsidi.

Selain itu masih terdapat kecamatan yang belum dilayani PDAM. Yakni: Karangpucung, kampung laut, Dayeuhluhur dan Binangun. Disamping Kondisi letak jalur distribusi kampung laut yang sangat jauh dengan sepanjang ke lokasi masih tiada hunian pelanggan sehingga tidak ekonomis. Sedang wilayah Kec. Dayehluhur dukungan wilayah geografis pegunungan jadi kondisi airnya melimpah, sedang pada wlayah karangpucung akan diambilkan dari saluran distrusi cimanggu dan wanareja maupun dari sumber mata air. Pada wilayah kec Binangun dengan mayoritas penduduk desa kondisi air tanahnya cukup bagus. Sehingga dalam hal ini daerah yang belum terlayani PDAM sudah tersedia oleh kondisi alam. Selama ini  wilayah kampung laut sudah diusahakan disamping perlu  anggaran besar tidak layak secara ekonomis  sehingga harus melalui anggaran APBN. Sedang instalasi Pengolahan air (IPA) yang sedang dibangun di Kecamatan Wanareja oleh Pemerintah pusat melalui Satker Dinas Cipta Karya dan Kebersihan (DKKP) dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) yang dikerjakan BBWS menelan biaya sekitar Rp.19 Milyar dan yang dikerjakan Satker sebesar Rp. 9 miliiar; kapasitas produksinya bertahap: 50 l/dtk per tahun, diharapkan mapu menambah sekitar 5000  (5 ribu) pelanggan untuk menambah saat ini sudah  mencapai total produksi 5020 l/dtk.

Terkait posisi keuangan dimana pada tahun 1994 semua PDAM dengan terpaksa menerima bantuan SAPLoan Asian Development Bank (ADB) menjadi bersifat hutang. Pada waktu itu  sebesar ± 3,7 M dan hutang non pokok sebesar 7,9 M; sudah mendapat restrukturisasi penghapusan bunga piutang (FRAP) saat tahun 2009, hutang pokok tinggal ± 5,2 M yang pada tahun 2011 diangsur berkurang lagi tinggal sebesar ± 3,7 milyard, sedangkan kemampuan aktiva lancar termasuk cadangan dana meter dari pelanggan lebih besar pada tahun 2009 sebesar ± 8 Milyard.

PDAM Cilacap dari audit BPK dinyatakan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), juga dari audit kementrian kinerja pelayanan dasar Air Minum berjalan baik. PDAM mempunyai keunikan tersendiri mampu melayani Air Minum segala lapisan masyarakat. Kinerja sejak tahun 2009 sudah dinyatakan sehat; dikarenakan adanya dukungan sinergi Peraturan Daerah, Legislatif dan Eksekutif. KP-Heroiid.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s